MariaDB: Server MySQL yang Lebih Baik

Dear pelanggan indoglobal.com,

Dua hari yang lalu kami telah melakukan migrasi server database dari MySQL 5.1 ke MariaDB 5.5. Betul kalau dibilang kami sekarang tidak menggunakan MySQL, namun juga salah kalau dibilang kami tidak mendukung MySQL.

MariaDB adalah database server yang merupakan drop in replacement dari MySQL. Jadi kami cukup mengganti software MySQL dengan MariaDB dan semuanya akan berfungsi seperti sebelumnya. Hampir dipastikan pula bahwa pelanggan tidak perlu melakukan modifikasi apapun terhadap aplikasinya untuk bisa menggunakan MariaDB. Tentunya ada perbedaan-perbedaan kompatibilitas antara MariaDB dan MySQL, namun sangat kecil sekali kemungkinan pelanggan akan menemukan masalah kompatibilitas ini.

Singkatnya: pelanggan hanya perlu memperlakukan MariaDB sebagai MySQL. Itu saja.

Mengapa indoglobal.com memutuskan untuk bermigrasi ke MariaDB? Jawabannya adalah karena MariaDB memiliki performa lebih baik, stabilitas lebih baik, dan yang terpenting adalah proyeknya dikelola dengan lebih baik. MySQL saat ini dimiliki oleh Oracle melalui akuisisinya terhadap Sun Microsystems. Barangkali karena memiliki konflik kepentingan (seperti yang kita ketahui, Oracle memiliki produk database yang lain), MySQL tidak dikembangkan dengan baik seperti sebelum dimiliki Oracle.

Dalam satu tahun ke depan kita semua akan menyaksikan hampir seluruh distribusi-distribusi Linux terkemuka berbondong-bondong bermigrasi dari MySQL ke MariaDB. indoglobal.com memutuskan melakukan migrasi lebih cepat daripada menunggu sistem operasi yang kami gunakan dengan alasan kami ingin memberikan layanan yang lebih kepada pelanggan kami.

Jika MariaDB praktis sama saja dengan MySQL, mengapa perlu memberitahukan ini kepada pelanggan? Karena walaupun MariaDB kompatibel dengan MySQL, MariaDB bukanlah MySQL. Selain itu, barangkali ada pelanggan yang ingin menggunakan fitur-fitur spesifik dari MariaDB.

Bagi pelanggan yang ingin mengetahui perbedaan-perbedaan antara MariaDB dan MySQL, anda bisa membaca halaman di situs web MariaDB: MariaDB versus MySQL – Features dan MariaDB versus MySQL – Compatibility.

Kami beralih ke MariaDB, untuk layanan MySQL yang lebih baik lagi.