(selesai) Penggantian Database Server dari MySQL ke MariaDB

Update 22:40: Upgrade telah selesai kami lakukan.

Dear Pelanggan indoglobal.com,

Untuk meningkatkan layanan kami, kami akan melakukan upgrade database server dari MySQL 5.1 ke MariaDB 5.5. Proses upgrade akan dilaksanakan pada hari Minggu, 30 Juni 2013, pukul 22.00. Perkiraan lama downtime adalah 5 sampai 10 menit. Upgrade ini dilakukan hanya pada pelanggan yang telah bermigrasi ke sistem baru.

MariaDB merupakan database server yang kompatibel dengan MySQL. Kami perkirakan tak akan ada masalah berarti dari sisi pengguna terkait dengan perubahan ini. Seluruh aplikasi milik pelanggan yang menggunakan database MySQL hampir pasti akan tetap berfungsi dengan baik tanpa modifikasi apapun.

MariaDB dikembangkan oleh pihak yang sebelumnya mengembangkan MySQL, sebelum MySQL diakuisisi Sun yang kemudian diakuisisi Oracle. MariaDB dibuat terutama karena MySQL di tangan Oracle tidak dikembangkan dengan baik. MariaDB dibuat berdasarkan kode sumber dari MySQL sehingga hampir sepenuhnya kompatible dengan MySQL. Banyak distribusi Linux yang juga telah pindah dari MySQL ke MariaDB: Fedora, RHEL, ArchLinux, Mageia dan lain-lain.

Pelanggan tak perlu kuatir dengan upgrade ini, Dari sisi pelanggan, MariaDB praktis tak ada bedanya dengan MySQL.. Bahkan control panel kami masih akan menyebut database server tersebut sebagai ‘MySQL’ sebelum kami perbaharui dalam beberapa minggu ke depan. Sedangkan pelanggan dengan beban database yang tinggi mungkin akan merasakan peningkatan performa dari upgrade ini.