Masalah DNS bagi Pengguna Telkom Speedy

Ini bukan masalah yang berhubungan dengan indoglobal.com, tetapi perlu kami sampaikan karena banyak dari pengguna kami yang menggunakan koneksi Internet dari Telkom Speedy.

Sejak awal bulan ini, Speedy mulai mencegat setiap query DNS dan sejak tiga hari yang lalu setiap query DNS yang tidak berhasil akan diarahkan ke situs web iklan milik TelkomSpeedy. Ini dapat kami verifikasi pada beberapa akun Telkom Speedy. Implikasi bagi pelanggan-pelanggan indoglobal.com yang menggunakan akses Internet Telkom Speedy adalah sebagai berikut.

Pertama, ini masalah besar bagi pelanggan yang menempatkan mail server untuk keperluan pengiriman email di sisi pelanggan. Sebelumnya, email-email yang dikirim ke domain yang salah akan langsung ditolak dan pengirim akan langsung mengetahui kesalahan tersebut. Kini, email-email tersebut akan masuk antrian dan baru akan bounce setelah timeout. Pengirim email yang salah menuliskan alamat email baru akan menerima pemberitahuan email tak berhasil dikirim dalam satu minggu ke depan, tergantung dari konfigurasi mail server.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan mail server indoglobal.com untuk mengirim email. Selain itu bisa juga dengan memperkecil timeout antrian.

Kedua, DNS Speedy meng-cache record invalid. Jika ada kesalahan pembuatan record DNS, maka Speedy akan meng-cache record tersebut, dan tidak langsung membuangnya. Record baru tidak akan dapat di-query sebelum record lama yang invalid kadaluwarsa.