Masalah Pengiriman Email dari Mailing List Menuju Yahoo

Dear pelanggan indoglobal.com,

Saat ini kami menemukan masalah pengiriman email dari mailing list menuju alamat email yahoo.com. Masalah disebabkan karena perubahan konfigurasi record DMARC yang digunakan Yahoo.

Semula Yahoo menggunakan p=none, sekarang mereka menggunakan p=reject. Hal ini menyebabkan masalah pada email dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki alamat “From” dari yahoo.com
  • Dikirim dari mail server yang tidak dikelola Yahoo

Jika pengguna Yahoo mengirim email ke mailing list, maka email yang akan didistribusikan oleh mailing list akan memiliki ciri-ciri tersebut di atas, dan akan ditolak oleh mail server yang mengimplementasikan DMARC.

Masalah ini akan ada pada mailing list manapun, bukan hanya mailing list yang dikelola oleh kami. Saat ini kami tidak melihat ada solusi yang bisa diterapkan tanpa mengganggu cara kerja mailing list yang telah berlangsung selama ini.

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah mengganti From menjadi alamat milis. Hal ini bisa dilakukan melalui Control Panel Mailing List, pada menu “Delivery Policy”. Ganti field “From field of all posts” menjadi alamat mailing list. Konsekuensinya, alamat pengirim posting tidak lagi tercantum pada header From. Tergantung dari fungsi mailing list yang digunakan, cara ini mungkin bisa dipertimbangkan.

Kami akan kembali mengabari pelanggan kami jika sudah ada perkembangan.

Update: Saat ini sepertinya hanya yahoo.com yang menerapkan perubahan ini. Domain yahoo.co.id sampai saat ini masih menggunakan konfigurasi lama.