Fasilitas XMPP Chat Kini Telah Tersedia

Bagi para pengguna yang telah menempati sistem baru, kini telah tersedia fasilitas XMPP chat. XMPP (juga dikenal sebagai Jabber) adalah sistem pesan instan yang berbasis standar terbuka. Dengan XMPP, ini pengguna layanan indoglobal.com dapat berkomunikasi dengan sesama pengguna XMPP, baik sesama pengguna indoglobal.com, maupun pengguna layanan di luar, termasuk pengguna Google Talk.

Untuk menggunakan layanan ini, pengguna dapat langsung menggunakan aplikasi client XMPP dan login dengan menggunakan login yang sama dengan login akun email. Setiap email yang dibuat di sistem indoglobal.com sudah otomatis dapat digunakan sebagai akun XMPP.

Beberapa aplikasi klien populer yang dapat anda gunakan:

  • Pidgin (Windows dan Linux)
  • Adium (Mac OS X)
  • IM+ (Android, Blackberry, iOS, Symbian, Windows Mobile)

Terdapat masih banyak lagi aplikasi client XMPP yang dapat anda lihat di situs XMPP.

Layanan XMPP kami juga mendukung fitur multi user chat. Fitur ini akan kami kembangkan dalam waktu dekat agar lebih fleksibel. Kamipun akan menambahkan fitur gateway menuju layanan pesan instan lainnya (Yahoo! Messenger, MSN Live Messenger, dan lain lain), serta BOSH proxy untuk memudahkan pengguna indoglobal.com yang berminat melakukan interfacing terhadap layanan ini.

Taut terkait: